Cara Menulis Laporan

Cara Menulis Laporan


Menulis Laporan

Jika Anda merupakan seorang pelajar sekolah, mahasiswa maupun seorang pekerja kantoran mungkin Anda sudah akrab dengan sebuah laporan. Ya, laporan merupakan salah satu jenis tugas atau pekerjaan yang banyak dikerjakan oleh banyak orang dari berbagai macam kalangan. Laporan sendiri merupakan suatu tulisan yang dibuat untuk melaporkan sesuatu seperti tugas, acara, pembukuan kas dan lain-lain. Laporan juga dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk tanggung jawab seorang individu ataupun kelompok terhadap kegiatan atau pekerjaan.
Jadi laporan bisa dikatakan adalah sebuah rekaman dari hasil pekerjaan Anda. Sebuah laporan biasanya dapat dijadikan acuan untuk menilai tingkat kecakapan seseorang dalam bekerja atau mengerjakan tugas, jadi jika Anda ingin menunjukan performa terbaik dalam pekerjaan Anda maka Anda tinggal membuat laporan yang sebaik-baiknya.

Pembagian Fungsi Laporan


Sebelum membuat laporan, Anda perlu tahu pembagian fungsinya terlebih dahulu. Dilihat dari penggunaan dan fungsinya yang beragam, laporan dapat dikategorikan kedalam beberapa jenis, diantaranya yaitu :
  1. Laporan Kegiatan atau Acara, yaitu laporan dari hasil kegiatan atau acara yang telah dilalui seperti kegiatan ekstrakurikuler sekolah, kegiatan bakti sosial, acara ulang tahun kantor Anda, acara bazaar, pentas musik dan kegiatan atau acara lainnya. Laporan kegiatan meliputi hasil liputan acara, dokumentasi, laporan keuangan dan berbagai hal penting lainnya yang dapat menjelaskan acara tersebut.
  2. Laporan Ilmiah, yaitu laporan yang dibuat dari hasil penelitian. Laporan ilmiah biasanya berbentuk makalah, skripsi, tesis atau disertasi. Laporan ilmiah berisikan rumusan ilmiah dari sebuah penelitian atau riset yang sebelumnya sudah dikerjakan terlebih dahulu.
  3. Laporan Perjalanan, yaitu laporan yang dibuat dari sebuah perjalanan seperti karya wisata, perjalanan dinas, observasi, pendakian gunung, penjelajahan hutan dan perjalanan lainnya. Laporan perjalanan berisi catatan perjalanan yang telah dilalui selama perjalanan, dokumentasi serta temuan pada saat perjalanan.
  4. Laporan Keuangan, yaitu laporan dari hasil pembukuan kas sebuah perusahaan atau acara. Laporan keuangan biasanya dibuat pada akhir tahun dimana laporan ini merupakan akumulasi dari penggunaan kas keuangan sebuah perusahaan selama satu tahun. Selain itu laporan keuangan juga bisa berada dalam sebuah laporan kegiatan dimana laporan keuangan berfungsi sebagai catatan pembelanjaan dalam sebuah acara. Biasanya didalam laporan keuangan terdapat dua bagian yaitu laporan pemasukan dan laporan pengeluaran.
  5. Laporan Pertanggungjawaban, yaitu sebuah laporan pertanggungjawaban atas perusahaan, organisasi atau jabatan. Laporan pertanggungjawaban biasanya dibuat pada akhir periode jabatan seseorang, kelompok atau sebuah organisasi. Laporan pertanggungjawaban berisi seluruh data dan hasil pertanggungjawaban jabatan seperti laporan kegiatan, perjalanan, dokumentasi, belanja, keuangan dan seluruh aspek-aspek yang terkait dan terjadi selama periode jabatan berlangsung.

Bagian Isi / Struktur Laporan Cara Menulis Laporan


Membuat laporan berarti membuat penulisan yang bersifat formal dimana dalam membuatnya terdapat beberapa aturan yang harus diikuti sesuai dengan jenis laporan yang dibutuhkan, berikut ini adalah urutan dan bagian-bagian dalam sebuah laporan secara umum :
1. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan pembukaan dalam membuat laporan. Dalam pendahuluan sebuah laporan biasanya didahului dengan menuliskan kata pengantar yang berfungsi sebagai pengantar dan berisikan sekilas tentang laporan ini. Berikutnya adalah bagian latar belakang yang berisikan alasan mengapa Anda membuat laporan ini. Setelah itu adalah bagian tujuan dari laporan tersebut dibuat.
2. Isi Laporan
Isi laporan berisikan inti dari membuat laporan, yaitu semua hal yang berisikan data, catatan, dokumentasi dan semua yang berhubungan dengan hasil laporan tersebut. Isi laporan juga berisi laporan tempat, waktu, serta hasil kegiatan atau laporan.
3. Penutup
Dalam penutup laporan biasanya diisi dengan kesimpulan dan garis besar tentang laporan tersebut. Selain itu dalam penutup juga disampaikan ucapan terima kasih untuk pihak yang telah membantu dalam menyelenggarakan kegiatan.





Description: Cara Menulis Laporan Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Cara Menulis Laporan

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi