Topik Karangan Yang Baik

Topik Karangan Yang Baik


Topik Karangan Yang Baik - Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menulis karangan adalah memilih topik karangan. Baik tidaknya sebuah karangan sangat ditentukan oleh baik tidaknya topik yang dipilih.

Para penulis pemula pada umumnya mengalami kesulitan untuk memilih topik yang baik. Uraian berikut ini mudah-mudahan dapat membantu Anda!

Topik Karangan Yang Baik harus memenuhi kriteria berikut ini.

1. Menarik
Topik yang baik adalah yang menarik untuk dibahas, setidak-tidaknya menarik bagi penulisnya. Bila topik karangan tidak menarik, orang tidak akan tertarik untuk membaca karangan itu. Selain itu, penulisnya juga tidak akan bersemangat untuk menyelesaikan karangan itu. Jika penulisnya saja tidak tertarik dengan topik yang dibahas, apalagi para pembacanya.

2. Bermanfaat
Pilihlah topik yang bermanfaat untuk dibahas. Walaupun topik itu sangat menarik, dia bukanlah topik yang baik apabila tidak bermanfaat bagi para pembacanya. Karena itu, harus diperhatikan dulu siapa calon pembaca karangan kita.

3. Cukup Dikenal
Topik yang baik adalah yang cukup dikenal, tidak terlalu asing. Jangan memilih topik yang tidak Anda kenal sama sekali, karena Anda akan mengalami kesulitan dalam membahasnya. Setidak-tidaknya Anda harus sudah pernah mendengar atau membaca topik itu diperbincangkan orang.
Topik Karangan Yang Baik
4. Ada Sumbernya
Pastikan topik yang Anda pilih ada sumber bahan yang bisa ditemukan. Ini berarti Anda seharusnya pernah membaca beberapa judul karangan yang membahas topik itu, sehingga Anda tidak mengalami kesulitan dalam membahas topik itu secara mendalam. Tidak adanya bahan yang bisa ditemukan akan menyulitkan Anda dalam pembahasan.

5. Cukup Terbatas
Topik yang baik adalah topik yang tidak terlalu luas, tetapi juga tidak terlalu sempit. Topik yang terlalu luas akan mengakibatkan pembahasannya tidak bisa mendetail dan tuntas tetapi hanya mengambang pada garis besarnya saja. Sebaliknya topik yang terlalu sempit akan menyulitkan Anda untuk mengembangkan pembahasan dengan panjang karangan yang memadai.

sekian ya Topik Karangan Yang Baik





Description: Topik Karangan Yang Baik Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Topik Karangan Yang Baik

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi