Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer

Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer


Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer - Fenomena antroposfer yang akan dijadikan dasar klasifikasi berdasarkan administratif, kependudukan, teknologi, dan lainnya.

a. Pewilayahan berdasarkan fenomena administratif
Tiap-tiap daerah di permukaan bumi memiliki luas dan batas administratif yang berbeda. Hal ini, karena dipengaruhi oleh kemampuan dan kekuasaan yang dimiliki oleh masyarakat suatu bangsa.

Berdasarkan administrasi pemerintahan dapat dibedakan menjadi wilayah negara, wilayah provinsi, wilayah kabupaten/kota, wilayah desa/kelurahan, wilayah kampung/RW, dan wilayah RT.

Berdasarkan administrasi pengelolaan dan kerjasama internasional dapat dibedakan mPewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposferenjadi wilayah teritorial, wilayah landas kontinen, wilayah zone ekonomi eksklusif, wilayah laut bebas, dan wilayah jalur internasional.

b. Pewilayahan berdasarkan fenomena kependudukan
Tiap-tiap daerah di permukaan bumi memiliki fenomena kependudukan yang berbeda. Hal ini, karena dipengaruhi oleh jumlah, usia, dan jumlah pasangan usia subur (PUS).

Berdasarkan jumlah penduduk dapat dibedakan menjadi wilayah megapolitan, wilayah metropolitan, wilayah kota, dan wilayah kota kecil. Berdasarkan pendapatan dapat dibedakan menjadi wilayah kaya, wilayah sedang, dan wilayah miskin. Berdasarkan mata pencaharian dapat dibedakan menjadi wilayah industri, wilayah jasa, dan wilayah agraris.







Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer
c. Pewilayahan berdasarkan fenomena teknologi
Tiap-tiap daerah di permukaan bumi memiliki fenomena penguasaan teknologi yang berbeda. Hal ini, karena dipengaruhi oleh kemampuan, penguasaan dan ilmu yang dimiliki berbeda. Berdasarkan penguasaan teknologi dapat dibedakan menjadi wilayah berteknologi maju, wilayah berteknologi konvensional, dan wilayah berteknologi terbelakang.

Demikian artikel "Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer" ini saya susun, artikel ini saya ambil dari ( BSE )





Description: Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Pewilayahan Berdasarkan Fenomena Antroposfer

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi