Penyebab Sakit radang Tenggorokan

Penyebab Sakit radang Tenggorokan



Penyebab Sakit Radang Tenggorokan - Seringkali kita sakit tenggorokan , nyeri batuk gatal dan sebagainya... Tapi tahukah anda apa Penyebab sakit tenggorokan itu ? Materi kali ini berkutat dalam ranah biologi tentang kesehatan yaitu Penyebab sakit tenggorokan, materi saya ambil dari Huang ear nose & throat surgery dan CyberForums dengan sedikit perubahan selamat membaca ^_^.

Sakit tenggorokan merupakan salah satu penyakit yang tergolong merakyat, dalam artian semua orang dapat terkena penyakit ini tanpa kenal tua muda, kaya miskin maupun laki perempuannya. Tapi satu hal yang sering terjadi, sakit tenggorokan merupakan sebuah gejala dari banyak penyakit yang lain dan ini perlu mendapat perhatian serius dari kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mempelajari sebab sebab dari sakit tenggorokan yang kita alami.Penyebab Sakit radang Tenggorokan

Secara Garis besar Penyebab Sakit Tenggorokan dapat di golongkan menjadi 4 yaitu :
a. Sakit Tenggorokan yang disebabkan oleh Infeksi
b. Sakit Tenggorokan yang disebabkan oleh Alergi dan Iritasi
b. Sakit Tenggorokan yang disebabkan oleh Reflux

b. Sakit Tenggorokan yang disebabkan oleh Tumor

Penyebab Sakit Tenggorokan " Infeksi "


Infeksi sebagai penyebab sakit tenggorokan memiliki cakupan yang luas, dalam materi kali ini infeksi kita kelompokkan menjadi 2 yaitu : Virus dan Bakteria

Virus – Infeksi yang disebabkan karena virus pada sakit tenggorokan diikuti dengan flu dan demam. Virus ini menular dan sangat mudah tersebar. Sakit tenggorokan juga ditemukan pada infeksi virus lainnya seperti bisul dan campak. Tubuh memerlukan 1 minggu untuk membangun antibodi untuk menghancurkan penyebab sakit tenggorokan yang tidak lain adalah virus-virus tersebut.




Infeksi Mononucloesis, atau yang umumnya disebut “Mono” disebabkan oleh virus Epstein–Barr dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. penyebab sakit tenggorokan ini mempengaruhi sistem limpa, menyebabkan pembesaran yang parah pada amandel, dengan bercak putih pada permukaan dan pembengkakan pada pembuluh di leher. Virus ini merupakan penyebab rasa sakit tenggorokan dan terkadang juga menyebabkan kesulitan bernafas yang serius. Virus ini juga menyebabkan kelelahan yang luar biasa yang dapat berlangsung lebih dari 6 minggu. Terkadang virus ini juga menyerang hati dan menyebabkan sakit kuning.


Penyebab Sakit radang Tenggorokan

Sebagai Penyebab sakit tenggorokan virus ini tergolong ganas dilihat dari cara penularannya yang dapat juga ditularkan tidak hanya melalui ludah tapi dari mulut ke tangan kemudian dari tangan ke mulut atau dari penggunaaan handuk atau alat-alat makan bersama.

Demikian ulasan virus sebagai penyebab sakit radang tenggorokan, selanjutnya giliran bakteria yang akan kita bahas.

Bakteria – Bakteri penyebab sakit radang tenggorokan yang paling umum dan paling serius adalah grup A beta hemolitis streptococcus. Bakteri ini menyebabkan “strep throat” dan diasosiasikan dengan kerusakan klep di jantung (demam rematik) dan ginjal (nephritis), tonsilitis, radang paru, sinusitis, dan infeksi telinga. Dibutuhkan throat culture untuk mendeteksi “strep” dan harus diobati dengan atibiotik. Salah satu bakteri penyebab sakit tenggorokan yang paling lazim kita dengar adalah amandel. berikut ulasannya:








Tonsilitis adalah infeksi amandel yang berlokasi di belakang tenggorokan. Pada tahap awal masa kanak-kanak, tonsil “menangkap” infeksi, mengambil sample dari lingkungan untuk membentuk kekebalannya. Amandel yang sehat tidak terinfeksi. Seringnya sakit tenggorokan mengindikasikan bahwa infeksi tidak sepenuhnya tereliminasi dari antara infeksi-infeksi. Penelitian medis menunjukan bahwa anak-anak yang menderita infeksi lebih dari 3 sampai 4 kali setahun akan lebih sehat setelah amandelnya dihilangkan.

Infeksi hidung dan sinus dapat juga menyebabkan sakit tenggorokan. Cairan yang mengalir dari hidung ke dalam tenggorokan membawa infeksi itu bersamanya.

Epiglotitis adalah penyakit tenggorokan langka dan berbahaya yang disebabkan oleh bakteri penyebab sakit tenggorokan ini menyerang bagian atas dari laring (kotak suara).Waspadailah ketika ada rasa sakit pada saat menelan (menyebabkan keluarnya air liur), kesulitan dalam berbicara (pengucapan kata menggumam), kesulitan dalam bernafas. Pasien harus secepatnya mencari bantuan kesehatan.

Demikian ulasan Bakteria sebagai penyebab sakit radang tenggorokan, selanjutnya giliran Alergi & Iritasi yang akan kita bahas.
Penyebab Sakit Tenggorokan " Alergi & Iritasi"


Alergi dan Iritasi - Alergi yang umum seperti debu di rumah, serbuk sari dan jamur, yang sangat menganggu hidung sebagian orang merupakan penyebab sakit pada tenggorokan. Polusi dan bahan kimia, seperti asap tembakau dan makanan yang pedas adalah juga penyebab umum dari iritasi.

House Dust Mite


Panas yang kering pada saat musim dingin; bernafas melalui mulut yang disebabkan karena penyumbatan hidung yang kronis menyebabkan tenggorokan kering dan sakit.

Demikian ulasan Infeksi & Iritasi sebagai penyebab sakit radang tenggorokan, selanjutnya giliran reflux yang akan kita bahas.
Penyebab Sakit Tenggorokan " Reflux "


Reflux - Laryngo-pharyngeal reflux adalah penyebab sakit tenggorokan yang paling sering dijumpai oleh dokter2 di rumah sakit. Pasien mengalami sakit pada tenggorokan, biasanya pada pagi hari pada saat asam lambung naik ke atas dan masuk ke bagian belakang dari tenggorokan. Pasien kemungkinan juga akan sering mengeluarkan dahak untuk membersihkan tenggorokan, ia akan merasakan ada benjolan di tenggorokannya, rasa asam di tenggorokan.


Demikian ulasan Reflux sebagai penyebab sakit radang tenggorokan, selanjutnya giliran tumor yang akan kita bahas.

Penyebab Sakit Tenggorokan " Tumor "




Tumor - tumor tenggorokan, lidah, dan laring (kotak suara) sangat jarang dan biasanya dihubungkan dengan penggunaan tembakau dan alkohol untuk waktu yang lama. Sakit tenggorokan dan kesulitan untuk menelan mungkin merupakan gejala tumor. Gejala yang penting lainnya yang harus diperhatikan seperti serak, bejolan pada leher, penurunan berat badan yang berlebihan atau mengeluarkan darah ketika meludah.

Demikian Materi tentang Penyebab Sakit radang Tenggorokan ini saya sajikan, semoga bermanfaat ^_^





Description: Penyebab Sakit radang Tenggorokan Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Penyebab Sakit radang Tenggorokan

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi