Pengertian Skimming

Pengertian Skimming


Pengertian Skimming 
Sebuah buku dengan ketebalan 300 halaman, terdiri dari lebih kurang 350.000 kata. Jika seseorang mahasiswa harus membaca beberapa judul buku untuk tiap satu mata kul;iah, berapa lam ia harus menekuninya ? Sepanjang sisa hidupnya tidak akan selesai.
Sesungguhnya, tidak setiap kata yang tercetak dalam sebuah buku itu harus dibaca, dan tidak semua detail buku harus dipelajari. Apa yang tercetak itu belum tentu benar dan belum tentu berharga untuk dibaca. Bahkan, sekalipun validitasnya telah diuji tidak dengan sendirinya lantas bermanfaat untuk kita baca. Penting atau tidaknya apa yang tercetak itubagi kita ditentukan oleh pertimbangan ini : Apakah informasi dan gagasan yang ada itu penting dan relevan untuk kita ? Apakah sesuai dengan tujuan kita membaca ?Pengertian Skimming 

Memang, adakalanya sebuah buku harus kita baca secara keseluruhan, misalnya buku pegangan utama yang harus kita pelajari secara mendalam dan kita sendiri belum banyak mengetahui perihal yang dibahas buku itu. Sementara untuk buku yang lain, suatu bagian adakalanya perlu kita baca lebih dari satu kali secara mendalam, kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Akan tetapi, ada bagian lain yang harus kita lompati saja, karena tak akan ada gunanya jika kita baca. Cara membaca seperti itu apabila kita praktekkan secara cerdik akan sangat besar manfaatnya. Kita akan menyerap informasi dan gagasan dengan cepat dan sebanyak-banyaknay sesuai dengan tujuan kita.

Jurus membaca yang sangat ampuh untuk mengatur kecepatan kita dalam membaca dan sangat efektif memberikan hasil seperti itu ada dua , yaitu : skimming dan scanning.
Dalam skimming dan scanning tidak ada pola khusus untuk gerakan mata yang terbaik. Akan tetapi, ada cara yang sesuai dengan tujuan Anda dalam membaca. Untuk skimming yang bertujuan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya, gerakan mata hampir seperti jika membaca lengkap, kecuali jika Anda harus melompati bagian- bagian tertentu.

Salah satu pola yang efektif adalah menelusuri awal paragraf yang memuat ide pokok. Lalu cepat bergerak ke bagian lain paragraf itu dan berhenti di sana-sini jika menemukan detail pentingnya, kemudian bergerak cepat lagi dan berhenti lagi untuk memungut detail atau gagasan yang penting.

Gerakan mata dalam scanningtidak terlalu berbeda dengan skimming. Untuk mengetahui tempat informasi tertentu, bantuan yang baik adalah judul-judul bab dan subjudulnya, lalu jika yang dicari itu suatu angka, maka gerakan angka dengan cepat dan berhentilah pada setiap angka yang kiranya mirip, jika tenyata bukan, jangan ditunda lagi teruskan bergerak ke bawah. Demikian juga jika Anda mencari suatu nama.

Skimming dan scanning bukanlah pekerjaan ringan. Kita harus bekerja keras, tidak boleh seenaknya atau santai dalam mempraktekkan skimming dan scanning ini. Dengan demikian, daya guna cara membaca ini akan dapat kita rasakan.Pengertian Skimming 

Semangkok susu yang dipanasi setelah didinginkan mengental dibagian atas atau permukaannya. Bagian yang mengental ini disebut kepala susu. Kepala susu merupakan intisari, saripati, bagian yang mengandung banyak gizi. Apabila kita mau mengambil kepala susu (atau cream) ini kita harus menyenduknya, yang dalam bahasa Inggris disebut : to skim. Oleh karena itu, yang dimaksud dengan skimming adalah tindakan untuk mengambil intisari atau saripati dari suatu hal. Karena itu, skimming bacaan berarti mencari hal-hal penting yang dalam hal ini tidak selalu dipermukaan (awal) tetapi terkadang di tengah atau didasar (bagian akhir).

Banyak yang mengartikan skimming sebagai sekedar menyapu halaman, sedangkan pengertian yang sebenarnya adalah suatu ketrampilan membaca yang diatur secara sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien, untuk berbagai tujuan, seperti hal berikut:

1. Untuk mengenali topik bacaan. Apabila anda pergi ke toko buku atau perpustakaan dan ingin mengetahui pembahasan apa dalam buku yang anda pilih itu, anda melakukan skimming beberapa menit (atau browsing). Skimming untuk melihat bahan yang akan dibaca, sekadar untuk mengetahui bahan tersebut, juga dilakukan orang untuk memilih artikel di majalah dan surat kabar (kliping)

2. Untuk mengetahui pendapat orang (opini). Disini anda sudah mengetahui topik yang dibahas, yang anda butuhkan adalah pendapat penulis itu terhadap masalah tersebut. Misalnya, tulisan tajuk surat kabar; anda mungkin cukup membaca paragraf pertama atau akhir yang biasanya memuat kesimpulan yang dibuat oleh penulisnya (redaksi).

3. Untuk mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa membaca seluruhnya. Anda perlu melihat semua bahan itu untuk memilih ide yang bagus, tetapi tidak membaca secara lengkap.

4. Untuk mengetahui organisasi penulisan, urutan ide pokok dan cara semua itu disusun dalam kesatuan pikiran dan mencari hubungan antarbagian bacaan itu. Mungkin secara kronologi, membandingkan, atau bentuk lain. Skimming berguna untuk memilih bahan yang perlu dipelajari dan didingat. Skimming berguna untuk survei buku sebelum dibaca, seperti dapat dilihat pada uraian SQ3R sebelum ini.

5. Untuk penyegaran yang pernah dibaca, misalnya dalam mempersiapkan ujian atau sebelum menyampaikan ceramah. Skimming ini juga disebut sebagai review (tinjau balik).

Bacaan apa saja, baik itu buku, majalah, ataupun surat kabar harus kita baca sesuai dengan tujuan kita. Kita tidak boleh diperbudak oleh apa yang tercetak dengan membacanya semua yang ada. Kita harus berani menjadi tuan, dan bacaan itulah yang menjadi budak kita, bukan sebaliknya. Bahan bacaan itu harus Anda perlukan seturut dengan maksud Anda.

Jika Anda tidak membutuhkan fakta-fakta dan detailnya, maka lompati fakta dan detail itu dan pusatkan perhatian untuk cepat menguasai ide pokoknya. Cara membaca yang hanya untuk mendapatkan idepokoknya ini disebut skimming.

Sebaliknya, jika Anda hanya membutuhkan suatu fakta tertentu saja, atau informasi tertentu saja, atau data statistik tertentu saja, misalnya, Anda perlu melaompati lainnya dan langsung mencari ke hal tertentu itu saja. Teknik melompat ( Skipping) untuk langsung kesasaran yang kita cari itu disebut scanning.

Jika Anda mempunyai alasan yang tepat untuk melompati suatu bagian atau beberapa bagian dari bacaan yang Anda hadapi, Anda tidak akan kehilangan arti, bahkan Anda mendapat keuntungan, yaitu cepat menyelesaikan bacaan dan menjadi bersemangat membaca bahan lain dengan demikian Anda cepat menguasai informasi dan gagasan lebih banyak lagi.

Sekalipun sebelum ini barangkali anda belum mempelajari skimming dan scanning, pasti anda pernah melakukannya terutama disaat anda dalam ketergesaan. Cara ini akan amat beramanfaat sekali jika anada secara lebih sadar melakukannya adalam situasi apapun dan untuk bacaan apapun, baik buku, surat kabar, surat-surat bisnis maupun bahan-bahan lain.

Beberapa bagian yang dapat dilompati dapat diuraikan dibawah ini :

1. Anda dapat melompati definisi, batasan tertentu atau keteranagn dan detail yang telah anada ketahui dari buku lain, dan anda merasa telah cukup mengauasainya. Akan tetapi, jangan melompati keseluruhan bab itu, perhatikanlah barangkali ada yang mengandung gagasan baru layangkanlah pandanagn dengan kecepatan tinggi ke paragraf-paragraf bab itu, barangkali ada gagasan baru. Dan lambatkan pada bagian yang mengandung gagasan baru itu, atau bagian yang menarik dan berharga untuk dibaca.

2. Anda dapat melompati bagian-bagian yang berisi informasi yang tidak memenuhi tujuan anda membaca. Misalnya, jika anda membaca suatu biografi dan anda membutuhkan pandangan politik orang tersebut, sedangkan bab-bab pertama buku itu membicarakan detail kehidupannya di masa kecil, maka bagian-bagian ini dapat anada lompati.

3. Adakalanya penulis dalam membuat analisis permasalahan mengawalinya dengan beberapa contoh. Jika anada telah membaca dua atau tiga contoh dan anad merasa sudah cukup menangkap idenya, maka anda dapat melompati conto-contoh lainnya.
Pengertian Skimming 
4. Ada juaga penulis dalam mengawali bab baru menyajikan ringkasan bab sebelumnya. Jika anda baru saja membaca bab sebelumnya itu dan anda merasa cukup menguasainya, ringkasan itu dapat anda lompati.






Description: Pengertian Skimming Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Pengertian Skimming

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi