Jaringan Pembuluh Tumbuhan

Jaringan Pembuluh Tumbuhan


Jaringan Pembuluh Tumbuhan


Hai pengunjung setia blog abal abal milik anak smp......hari ini saya akan membagikan sebuah pengetahuan kepada kalian semua..tentang jaringan pembuluh pada tumbuhan...penasaran??silahkan lanjutkan membaca..Jaringan pembuluh pada tumbuhan ada dua macam, yaitu pembuluh kulit kayu atau disebut juga pembuluh tapis (floem) dan pembuluh kayu (xilem). Fungsi jaringan pembuluh adalah Transport air dan materi organik ke seluruh bagian tumbuhan dan Melakukan transport jarak jauh antara akar dan taruk.






Floem
Jaringan Pembuluh Tumbuhan
Floem tersusun oleh kelompok sel yang memiliki bentuk, seperti piramid. Floem tersusun atas parenkim floem, serabut floem, buluh floem (buluh tapis), dan sel pengiring. Parenkim floem berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan untuk memisahkan antara floem yang satu dengan floem yang lain. Serabut floem merupakan jaringan sklerenkim yang berfungsi memperkuat pembuluh floem. Buluh floem (buluh tapis), yaitu suatu saluran atau pembuluh yang berperan mengangkut hasil fotosintetis dari daun ke seluruh tubuh tanaman. Sel pengiring (companion cell) adalah sel yang terletak sepanjang tubuh floem. Sel ini berfungsi menyuplai makanan ke sel-sel lain yang masih hidup.
Fungsi Jaringan Floem
1).Membawa gula terlarut dari daun ke seluruh bagian tumbuhan
2).Pergerakan materi dari tempat produksi, daun dewasa, ke tempat pemanfaatannya dalam jaringan yang sedang tumbuh dan bereproduksi atau ke tempat penyimpanan.




Xilem

Berkas pembuluh xilem (pembuluh kayu) terdiri atas buluh kayu, trakeid dan serabut xilem. Buluh kayu adalah sel mati yang bentuknya memanjang berupa saluran. Saluran yang satu dengan saluran yang lain saling menyambung. Saluran ini berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar ke seluruh tubuh tanaman. Trakeid merupakan komponen penyusun berkas pembuluh xilem yang tersusun atas sel-sel berbentuk lancip dan panjang dengan dinding sel yang berlubang-lubang. Dinding trakeid memiliki pori untuk meneruskan air dan mineral ke sel di sekitarnya. Serabut kayu atau serabut xilem berbentuk panjang dengan ujung-ujungnya saling berhimpit. Serabut xilem ukurannya lebih kecil dan lebih lancip daripada trakeid.Jaringan Pembuluh Tumbuhan

Fungsi Jaringan Xilem:
1).Transport air dan ion terlarut dari akar ke batang dan daun





Description: Jaringan Pembuluh Tumbuhan Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Jaringan Pembuluh Tumbuhan

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi