Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal



Bismillahirahmannirahim, bagaimana cara menjaga dan memelihara kesehatan ginjal ? mari kita simak uraian berikut. semoga bermanfaat.

Artikel ini merupakan bagian dari artikel Sistem Ekskresi Manusia


Setelah memahami pentingnya peranan ginjal bagi tubuh, kita sadar untuk senantiasa menjaga dan memelihara kesehatan ginjal agar dapat berfungsi dengan baik. Apabila fungsi ginjal terganggu dapat memicu berbagai penyakit berat yang akan menyerang tubuh kita. Dengan demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam upaya menjaga dan memelihara kesehatan ginjal.
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1) Minum Air SecukupnyaMinum air dalam jumlah cukup (8 gelas/hari +- 2liter ) merupakan salah satu cara agar ginjal tetap sehat. Minum air menjadikan seseorang sering ingin buang air seni. Hal ini mengakibatkan kotoran dan racun dalam tubuh dapat dibuang oleh ginjal melalui urine. Akan tetapi, terlalu banyak minum (melebihi 8 gelas/hari +- 2liter ) akan membahayakan ginjal. Hal ini karena jumlah penyerapan air oleh tubuh dan yang dikeluarkan dalam bentuk urine tidak seimbang.


2) Tidak Sembarangan Mengonsumsi Obat atau Menggunakan Bahan KimiaHasil proses berbagai macam obat akan dialirkan ke ginjal untuk difiltrasi. Beberapa antibiotik dan antinyeri jika dikonsumsi tanpa anjuran dan dosis dari dokter dapat merusak ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan obat harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.








Beberapa bahan kimia seperti alkohol atau cairan pembersih dapat merusak ginjal baik secara sengaja atau tidak, baik termakan atau tersedak. Kita harus berhati - hati dalam pemakaian bahan kimia dan harus melihat petunjuk atau cara pemakaiannya.

Demikian artikel "Cara Menjaga Kesehatan Ginjal" ini saya susun, artikel ini saya ambil dari ( BSE ):





Description: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi