Cara Membuat Database

Cara Membuat Database


Cara Membuat Database

Rencanakan Database Anda Andaikan anda baru saja diberi tugas untuk membuaiidaftar alamat yang pentinguntuk organisasi anda: daftar calon pelanggan untuk lwiraniaga. Microsoft Accessadalah pilihan yang bagus Lmtuk membuat daftar calon pelanggan ini karena MicrosoftAccess mudah digunakan, wiraniaga akan mempelajarinya dengan mudah, danMicrosoft Access memiliki semua hal yang dibutuhkan. Mari lihat bagaimana menger-jakannya!Cara Membuat Database Langkah anda yang pertama adalah mendefinisikan database. Setelah itu anda dapat memutuskan apakah tabel, laporan, form, atau query yang dibutuhkan. Daftar calon pelanggan akan menjadi database yang sangat sederhana; tabel tunggal dan beberapa laporan mungkin sudah mencukupi. Tabel dalam Database Dalam contoh ini, alamat calon pelanggan dapat dima- sukkan ke dalam suatu tabel. Kemudian tabel tersebut dapat disimpan ke dalam file database tunggal bersamaan dengan laporan dan formnya. Apakah Form, Query, dan Laporan Itu? Form adalah objek yang dapat anda gunakan untuk memasukkan, mengedit, melihat, atau mencetak record data.Query adalah objek yang digunakan untuk mengambil informasi tertentu dari suatu database berdasarkan pada kondisi tertentu. Laporan adalah sekumpulan infor- masi yang diatur dan dibentuk sesuai dengan keinginan anda. Database dapat berkembang menjadi struktur yang cukup kompleks dan perlu di-susun dengan rapi. Ikuti aturan-aturan umum ini pada saat anda membuat database: 0 Lihat bagaimana sekarang informasi disajikan dan tentukan cara yang terbaik. 10 Membuat Database

Membuat Database Anda Mari kita membuat sebuah contoh database. Ingat bahwa anda dapat menyimpantabel, query, laporan, dan form dalam file database yang sama. Untuk membuatdatabase baru, ikuti langkah-langkah berikut: 1. Pilih New Database dari menu File atau klik tombol New Database dari toolbar. Kotak dialog New Database akan muncul (lihat Gambar 3.1) 2. Pada kotak teks File Name, ketik nama database anda yang baru. (Anda dapatmenggunakan nama dengan panjang sampai dengan delapan karakterhditambahtiga karakter perluasan. Jika anda tidak mengetik nama perluasan, Access akanmenambahkan perluasan .MDB secara otomatis.) Nama default adalah DB1.MDB,tetapi anda dapat menggunakan nama yang lebih khusus. Untuk contoh ini kitamenggunakan nama PROSPECT. 3. (Tambahan) Jika anda ingin menyimpan database dalam direktori yang berbeda, pilih direktori yang diinginkan dalam kotak daftar Directories. l 4. (Tambahan) Jika anda ingin menyimpan database dalam drive yang berbeda, pilih drive tersebut dalam kotak daftar Drives. 5. Bila telah selesai, tekan Enter atau klik tombol OK.

Ketika anda selesai membuat file database, window Database akan muncul padalayar (lihat Gambar 3.2). Anda dapat menggunakan window yang tampak untukmenambahkan tabel, laporan dan objek lain pada database, atau anda dapat meng-gunakan objek apa pun yang telah anda buat. Kotak tersebut masih kosong, sebabanda belum membuat satu pun tabel, form, atau laporan. Perhatikan bahwa andasekarang memiliki menu tambahan pada menu bar dan tombol aktif tambahan pada toolbar.





Description: Cara Membuat Database Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Cara Membuat Database

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi