Mengukur Percepatan Gravitasi

Mengukur Percepatan Gravitasi


Mengukur Percepatan Grafitasi

Menggunakan pendekatan matematis.


Dengan bermainan ayunan, maka kita dapat menerapkan analisis pada ayunan untuk mengukur percepatan grafitasi.


Dari analisis matematis dan pendekatan matematis (nilai yang


Mengukur Percepatan Grafitasi





terukur adalah nilai pendekatan) dikarenakan beberapa variabel tidak diperhitungkan, misalnya : massa tali diabaikan, gesekan dengan udara dan gesekan pada pusat ayunan juga diabaikan, nilai sudut dianggap sama dengan sinus sudut dan sebagainya.


Untuk memperoleh hasil yang mendekati kebenaran, maka sudut ayunan tidak boleh besar, kira-kira seperti bandul pada Jam


Dengan analisa matematis diperoleh :

















sehingga dengan melakukan kegiatan seperti gambar di atas anda dapat mengukur percepatan grafitasi (g) dengan dua varibel saja yaitu: T (periode ayunan) dan l (panjang tali).


Panjang tali tentu sangat mudah diukur (dalam satuan meter), sedangkan T dapat diukur dengan cara menghitung waktu (t) untuk 10 ayunan dengan menggunakan stopwatch (tersedia di hampir semua handphone), dengan maksud periodenya dapat diperoleh dengan cara membagi t dengan 10. Bila mengukur hanya satu kali ayunan dimungkinkan mengalami kesulitan saat menekan start dan stop pada stopwatch .


Bila ingin membuat ayunan maka dipersilahkan memperpanjang tali (l) karena akan berdampak membesarnya periode (T), sehingga ketika bermain ayunan akan terasa nyaman dan luar biasa.


sekian dulu ya

Mengukur Percepatan Grafitasi







Description: Mengukur Percepatan Gravitasi Rating: 4 Reviewer: Imam Murtaqi - ItemReviewed: Mengukur Percepatan Gravitasi

0 comments:

artikel terkait imam murtaqi